Sunday, November 15, 2009

Beberapa Penyedia Layanan Backup Online

Backup lokal dengan bantuan hardisk external sungguh berguna dalam mengamankan data, namun mungkin anda masih merasa itu kurang dan memiliki koneksi Internet super cepat? Ini dia jawabannya.

CrashPlan

crashplan

CrashPlan melakukan pendekatan menarik untuk penggunanya. Aplikasi khusus disediakan gratis dan menggunakannya saat backup lokal di komputer dan jaringan serta juga backup data ke komputer lain yang juga terinstall CrashPlan. Sayangnya mereka tidak menyediakan layanan penyimpanan online gratis seperti penyedia jasa serupa lainnya, namun harga yang ditawarkan untuk paket unlimited (ruang tak terbatas) cukup jauh lebih murah ketimbang layanan lain.

Mozy 

[Windows/Mac, Gratis 2GB, Unlimited $4.92/bulan]

mozy

Mozy merupakan solusi backup online otomatis. Setelah instalasi software Mozy di komputer, backup akan segera dijalankan setelah tentunya kita tentukan file mana dan rentang waktu backup akan berjalan. Mozy akan berjalan secara otomatis selama software ini tetap aktif bahkan jika kebetulan kita sedang bekerja menggunakan file tertentu. Backup juga dilakukan berdasarkan perubahan file, yakni hanya akan mengunggah (upload) file yang berubah. Tidak menyertakan file yang sama berulangkali yang tentunya akan membuat boros bandwidth.

Dropbox

[Windows/Mac/Linux, Gratis 2 GB, Pro $9.99/bulan]

dropbox

Instalasi Dropbox akan membuat folder baru di folder Documents anda bernama "My Dropbox". Prinsipnya adalah apapun yang anda masukkan ke dalam folder ini akan disinkronkan dengan akun Dropbox anda. Fiturnya seperti sinkronisasi file, sharing file dengan merubah folder menjadi public, dan mengembalikan (restore) file anda ke versi yang sebelumnya. Setiap perubahan akan direkam selama 30 hari. Seluruh file anda juga dapat diakses secara langsung melalui situs Dropbox, yang tentunya akan sangat berguna saat anda tidak sedang menggunakan komputer pribadi anda.

Jungle Disk

[Windows/Mac/Linux. $2/bulan + biaya setiap GB]

jungle-disk

Jungle Disk cukup berbeda dari yang telah kita bahas sebelumnya. Jungle Disk menawarkan sistem berdasarkan biaya. $2/bulan per akun ditambah biaya ber GB yang kita gunakan. Saat ini harga yang dipatok: $0.15 penyimpanan, $0.10 upload, $0.17 download. Kelebihan Jungle Disk adalah mereka bekerja layaknya hard disk jaringan. Dengan software apapun kita bisa melakukan proses penyimpanan secara langsung.

Carbonite

[Windows/Mac, $4.58/bulan untuk kapasitas tak hingga]

carbonite

Carbonite tidak menawarkan gratisan. Harga yang dipatok hanya satu: $54.95/tahun untuk kapasitas penyimpanan data tak terhingga (unlimited) dari satu komputer. File dapat diakses melalui antarmuka berbasis web saat anda tidak di depan komputer kesayangan anda. (lifehacker)

No comments:

Post a Comment