Sunday, November 15, 2009

Bikin Postingan Baru Blogger Via Email Ponsel

Jujur saja, penulis sebenarnya baru saja mencoba layanan Blogger ini. Rasanya cukup berguna saat tiba-tiba mendapatkan ide untuk konten baru. Langkah yang dilalui juga cukup mudah namun perlu diingat hal-hal berikut:
- Memiliki ponsel berkemampuan email
- Sudah memiliki akun Blogger atau bahkan belum terdaftar tidak menjadi masalah
Langkahnya adalah:
1. Mengirimkan email ke go@blogger.com dengan judul REGISTER via ponsel.
Sebenarnya bukanlah masalah apakah email registrasi kita kirimkan lewat ponsel atau lewat pc, tapi kenapa tidak sekalian mencoba kemampuan email ponsel kamu?
2. Cek email dan cari email yang dikirimkan oleh Blogger sebagai konfirmasi.
Email ini berisi token atau kata kunci untuk mengaktifkan fitur blog-via-email.
3. Buka situs go.blogger.com dan masukkan token yang kamu peroleh via email.
4. Setelah itu kita masuki bagian yang cukup penting. Kemanakah email yang dikirim akan dipost?
Saat melakukan proses registrasi, yang sebenarnya terjadi adalah bahwa Blogger membuat blog baru. Hanya saja alamat blog tampaknya samasekali tidak sedap dibaca karena memang itu adalah alamat pilihan dari Blogger. Untuk itu di bagian ini ditawarkan apakah email yang akan kamu kirimkan ke go@blogger nantinya dimasukkan ke alamat yang dibuat Blogger ataukah kamu punya pilihan blog sendiri? Disinilah gunanya kita sudah terdaftar terlebih dahulu di Blogger dan memang sudah membuat blog yang tentunya sesuai dengan keinginan kita. Dalam hal ini penulis memilih ngerti-internet.blogspot.com sebagai alamat default pengiriman via email.

Dan.... Selesai. Sekarang kita sudah bisa posting artikel baru via email ponsel ke alamat email go@blogger.com. Kita coba apakah posting ini sukses?
NB: email dikirim via HTC Snap dengan sistem operasi WM6.5 dan akses Wi-Fi

No comments:

Post a Comment