Monday, November 9, 2009

Gunakan Google Secara Efektif!

Bagaimana cara menggunakan Google secara efektif?

Internet bisa dikatakan sebagai suatu perpustakaan digital dengan informasi yang tak terkira ukurannya. Sama seperti perpustakaan yang biasa kita kunjungi di sekolah/kampus/perpustakaan umum, buku-buku akan dikelompokkan secara sangat rapi dengan menggunakan kode-kode. Kening anda berkerut? Apa Internet juga pakai kode seperti itu?Jawabannya adalah YA! Hanya saja kode-kode tersebut dianalogikan sebagai "kata kunci" atau "keyword". Ketika menggunakan Google, kita tinggal memasukkan kata kunci yang kita ingin cari informasinya. Misalkan anda ingin mencari informasi tentang Michael Jackson, makan anda cukup ketikkan Michael Jackson dan tekan Enter pada keyboard, hasil pun akan muncul.

Perhatikan gambar diatas, menunjukkan bahwa hasil pencarian dengan kata 'michael jackson' mendapatkan 223,000,000 hasil. Sungguh mengagumkan...dan....membingungkan. Secara default hasil yang ditampilkan ada 10 pencarian paling atas. Lalu informasi apa yang sebenarnya anda cari dari Michael Jackson? Apakah umurnya saat dia meninggal? Atau siapakah dokter pribadinya? Atau ingin melihat biografi lengkapnya? Rasanya kalau ingin mencari biografi lengkap, rujukan pertama yang paling tepat adalah Wikipedia. Namun untuk percobaan kita, mari kita cari umur Michael Jackson saat ia meninggal. Silahkan masukkan kata kunci "umur michael jackson" tanpa tanda kutip. Dan anda akan mendapatkan hasil:

Perhatikan baik-baik hasil pencarian. Dua hasil teratas bahkan menunjukkan informasi yang kita inginkan tanpa kita harus melakukan klik lagi.

Google sendiri memberikan tips-tips untuk menyederhanakan pencarian sesuai dengan informasi yang kita inginkan. Seperti misalnya:

Bagaimana cara menemukan apa yang saya cari dengan pencarian Google?
Tips #1: Pilih kata kunci Anda dengan bijak. Pilih kata yang deskriptif dan spesifik.
  • Cari: Olimpiade Vancouver 2010 sebagai pengganti Olimpiade
  • Cari: statistik sepak bola 2004 sebagai pengganti sepak bola
Tips #2: Gunakan tanda kutip untuk hasil yang sama persis.

  • Bila Anda memberi tanda kutip pada permintaan pencarian, Anda hanya akan mendapatkan hasil dan urutan yang sama persis dengan istilah yang dimasukkan. 
  • Cari: "robot yang bersahabat" sebagai pengganti robot yang bersahabat

Tips #3: Coba salah satu fitur pencarian Google
  • Untuk perhitungan, cari rumuscontoh: Contoh: 5+2*2
  • Untuk status penerbangan, cari nomor penerbangan  Contoh: united 134
Dan masih banyak tips-tips lainnya yang bisa anda temukan pada halaman Google berikut: Google

No comments:

Post a Comment