Saturday, November 7, 2009

Komparasi Mesin Pencari (Search Engine)

Google? Anda pasti menggunakan Google. Atau bahkan anda belum tahu apa itu Google?



Untuk mencari sesuatu di Internet, Anda pasti menggunakan Google. Tetapi hasilnya tak selalu akurat. Terkadang search engine lain memberi hasil yang lebih baik daripada Google.
Internet tumbuh dan tumbuh. Berdasarkan survei yang dilakukan Netcraft (perusahaan Inggris) bulan Juni lalu, jumlah server web bertambah 4 juta dibandingkan bulan sebelumnya yang 122 juta. Jumlah website baru menunjukkan ukuran Internet sebenarnya yang diperkirakan 500 milyar!

Melihat hal itu peran search engine yang andal di Internet sangatlah penting. Blog dan portal video mengubah website yang statis menjadi media yang dinamis dan memberi tantangan baru pada teknologi pencarian. Indeks website harus menganalisis tipe dokumen yang semakin banyak dan semakin cepat berganti.
Search engine harus dapat diandalkan karena pencarian adalah komponen terpenting di Internet. Ini ditunjukkan dari data bahwa 80% pengakses Internet lebih suka menggunakan search engine daripada memasukkan sebuah URL ke dalam window browser.
Dalam memilih search engine, tampaknya kebiasaan merupakan faktor utama. Sebagian besar (87%) pengguna Internet mencari dengan Google. Yahoo dan Bing (dulu MSN) hanya kebagian 3%, sedangkan AOL dan T-Online masing-masing 2%.

Hasil Pencarian
Google memang pantas menjadi pemimpin pasar. Tak ada peserta pengujian lain yang menyajikan kualitas hasil pencarian sebaik Google. Namun, tak berarti yang lain buruk seperti pangsa pasarnya. Pada pencarian video atau berita misalnya, Ask.com lebih baik dibanding Google. Yang sangat mengecewakan adalah Bing. Kualitas hasil pencariannya kalah dari search engine kecil seperti Abacho. Pada pencarian kata kunci umum, Google tak tertandingi. Beberapa contoh saat "Weather in Ciputat" (Cuaca di Ciputat) dan langsung mendapatkan ramalan cuaca daerah tersebut di hasil pencarian – padahal Ciputat hanya sebuah kecamatan di Tangerang. Dengan "Jadwal Kereta Jakarta Surabaya" kita langsung dibawa ke jadwal perjalanan kereta yang ada. Permintaan "Download Firmware Plextor PX716" dijawab dengan link langsung ke website Plextor. Kata kunci "15 dollar in rupiah" langsung menampilkan konversi kurs nilai tukarnya.
Sebaliknya, search engine lain sering menyesatkan. Bukan cuaca di Ciputat yang didapatkan dari Bing, melainkan website perusahaan taksi lokal di Jakarta. Bukan jadwal perjalanan kereta yang kami dapat dari Seekport, tetapi jadwal penerbangan. Bukan firmware, tetapi spam. Bukan kurs valuta, tetapi berita bursa saham.
Google sendiri agak lemah dalam 2 hal: "stock value IBM" (nilai saham IBM) dan "electricity tarif table" (tabel tarif listrik). Di sini, Yahoo menampilkan hasil yang lebih baik, misalnya pada hasil pencarian langsung, ditampilkan tabel untuk saham IBM.
Pada pencarian foto, Google juga benar-benar meyakinkan. Semua search engine lain tidak sepenuhnya berhasil. Misalnya, Ask.com tidak menemukan "Apple iPhone" dan cover CD album UB40. Abacho, Yahoo, dan Bing tidak menemukan apapun dengan karya Gilbert & George "Are You Angry or Are You Boring?". Di Seekport, kita tidak perlu repot karena tidak ada feature untuk pencarian foto. Ia juga tidak menyertakan pencarian konten khusus video.
Dalam pencarian video, Google, Bing, dan Ask.com tidak banyak berbeda. Pada Google, hasil pencarian video, YouTube (milik Google) mendapat prioritas. Di luar itu, kualitas hasil pencarian bervariasi, tergantung kata kuncinya. Dengan "White Stripes - Icky Thump", kita menemukan video baru band rock tersebut dengan ketiga search engine. Juga spot iklan "Apple 1984 Superbowl" dapat ditemukan dengan mudah. Hanya dengan kata kunci "Stromberg" hasil pencarian hampir kosong. Dalam pencarian berita, Yahoo lebih meyakinkan. Untuk hal ini, Yahoo hanya sedikit di belakang Google. Google sendiri kadang memiliki masalah dengan tabel berita dan menganggap daftar judul sebagai sebuah artikel.

Fungsi-fungsi
Setiap pencarian menghasilkan banyak hasil yang tidak akurat. Untuk membatasinya dapat digunakan filter atau kata kunci yang lebih unik. Secara umum, standar kerja beberapa search engine adalah menggunakan aturan Boolean (AND/OR/NOT). Pembatasan pencarian menggunakan bahasa atau jangka waktu tertentu juga dimungkinkan pada beberapa search engine. Dengan Google dan Yahoo, pencarian dapat dibatasi pada file Word, Excel, atau PDF – pada Ask setidaknya pada berbagai format video.
Yang cukup mengagetkan, feature berguna seperti Site Preview hanya ditawarkan oleh search engine kecil. Ask, Abacho, dan Seekport akan menampilkan tampilan website hasil pencarian langsung pada halaman depan search engine. Dengan cepat, Anda dapat melihat apakah website tersebut dapat membantu lebih jauh.
Yang sangat baik adalah solusi dari Ask, yaitu preview ditampilkan sebagai window popup kecil begitu mouse digerakkan di atas link preview. Begitu pula untuk preview video. Ask, satu-satunya yang menampilkan beberapa detik dari klip.

Keamanan
Di Internet Anda dapat dengan cepat menemukan website yang isinya tak jelas. Anda harus pintar memilah-milah website ini. Sebuah search engine yang bagus adalah search engine yang mampu menyortir website yang tidak jelas ini seperti berisikan materi pornografi dan malware. Dalam hal ini, Google-lah yang terbaik. Google akan memperingatkan pengguna bila ada website yang mungkin mengandung malware. Search engine lainnya tidak ada yang mampu melakukannya.
Sayangnya, fungsi keamanan ini hanya dapat digunakan bila setting browser Anda menerima cookies – walau secara teknis sebenarnya bisa dilakukan dengan cara lain. Agenda utamanya tentu untuk mendapatkan profil pengguna yang lebih akurat. Untuk itu, Google mendapat pengurangan sedikit poin.

Pengoperasian
Google dan Ask tidak tertandingi dalam kesederhanaan. Selain kolom Search dan tab untuk pencarian foto, berita, atau produk, tidak ada apa pun pada halaman utamanya. Kebanyakan search engine menandai link sponsor dengan warna tipis. Sedemikian tipisnya sehingga tidak tampak pada monitor yang tidak dikalibrasi dengan baik. Seekport dan Abacho membuat link iklan dengan berbeda – tetapi tidak lebih baik. Mereka memasang iklan dengan gambar yang cenderung menyamarkan, bukan memperjelas bahwa link tersebut adalah link yang disponsori.
Fungsi Help tersedia pada semua search engine kecuali pada Bing, yang menjanjikan dalam fungsi Help-nya – tetapi sama sekali belum tersedia. Help dari Abachos cenderung minimalis. Google dan Yahoo sebaliknya memiliki dokumentasi yang sangat lengkap.
Yang membaca panduan secara cermat bisa mencapai hasil yang lebih baik. Misalnya pada Yahoo, kita bisa temukan petunjuk Help mengenai layanan Yahoo ‘Answers’. Jika di sini kita menanyakan nama prajurit dalam film "Saving Private Ryan". Jawabannya bertuliskan "Tom Hank" datang dalam 3 menit.

No comments:

Post a Comment