Thursday, November 26, 2009

Layanan Mobile Broadband Indonesia VS Inggris

Tergelitik hati Saya untuk menyajikan perbedaan layanan Mobile Broadband Indonesia dengan salah satu penyedia Mobile Broadband yang ada di Inggris.
Kita cukup ambil satu contoh saja layanan yang ditawarkan di Inggris

Vodafone

Vodafone Inggris menawarkan paket dengan kriteria sebagai berikut:
£15 atau sekitar Rp. 236.000,- per bulan dengan perjanjian kontrak selama satu tahun dan akan mendapatkan quota sebanyak 3GB. Paket ini juga disertakan modem USB gratis.
Setelah penggunaan 3GB habis, maka akan dikenakan biaya tambahan £15 per 1GB yang kita gunakan berikutnya. Kecepatannya? HINGGA 7.2 Mbps.


Dan sekarang kita coba simak layanan yang ada di tanah air tercinta kita. Saya akan ambil harga yang paling mendekati dengan Vodafone tersebut. Dan pilihan Saya jatuh kepada.....

Telkomsel

Harga yang paling mendekati adalah pada paket Advance yakni Rp. 225.000 per bulan. Pada paket ini Telkomsel menawarkan gratis modem, kontrak 1 tahun. Kecepatan HINGGA 512 kbps, dengan quota diberikan sebesar 1GB. Untuk penggunaan melebihi kapasitas 1GB yang disediakan, setelahnya pengguna akan menikmati koneksi Internet tanpa batas dengan kecepatan dibatasi pada 64 kbps saja. Pengguna dapat menormalkan kembali kecepatan dengan hanya melakukan pembelian lagi yaitu Rp. 50.000,- untuk 125 MB dan Rp. 100.000,- untuk 300 MB.

Demikianlah Saya sajikan perbedaan dua penyedia layanan Mobile Broadband Internet. Indonesia vs Inggris atau tepatnya Telkomsel vs Vodafone. Saya pribadi cukup miris melihat perkembangan Internet Indonesia. Bayangkan 1GB vs 3 GB dan 512 kbps vs 7.2 Mbps. Tapi begitulah kenyataanya.

No comments:

Post a Comment