Sunday, October 25, 2009

Apa saja yang dibutuhkan untuk dapat mengakses internet?

Hal pertama yang dibutuhkan adalah perangkat keras alias hardware. Yang dimaksud dengan hardware adalah segala sesuatu berbentuk fisik. Tentu saja dalam hal ini yang berhubungan dengan Internet. Apakah itu sebuah komputer, ponsel, pda, atau apa saja yang dapat mengakses internet.
Hal kedua yang dibutuhkan adalah perangkat lunak alias software. Yang dimaksud dengan software adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk berinteraksi secara visual maupun audio yang dibenamkan pada perangkat keras sebelumnya.
Jadi kalau kamu ingin chatting, maka kamu membutuhkan software chat seperti misalnya Yahoo Messenger, Live Messenger, atau Mirc yang pernah populer pada awal penetrasi Internet. Kalau kamu ingin menjelajahi situs (website), maka yang kamu butuhkan adalah browser Internet seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dan masih banyak lagi.

Setelah kamu punya hardware dan software, lantas apa yang dibutuhkan selanjutnya: Koneksi Internet. Saat ini rasanya pilihan sudah sangat beragam. Kecuali memang untuk Indonesia saat ini menurut saya biaya koneksi masih tergolong mahal. Beberapa pilihan koneksi Internet yang bisa kita dapatkan di Indonesia antara lain:
1. Speedy dari Telkom
2. IM2 dari Indosat
3. Flash dari Telkomsel
4. Xl Unlimited dari XL
5. Koneksi dari penyedia layanan GSM
6. Gratisan di kampus dengan koneksi WiFi
7. Dan masih ada beberapa lagi yang mungkin akan semakin banyak variasinya

Setelah memiliki ketiganya, barulah kita dapat melakukan koneksi ke Internet. Yang tentu saja didukung oleh kondisi listrik sedang hidup (no offense), kamu memang sempat (tidak ada hal lain yang harus dikerjakan).

Untuk selanjutnya kita bahas dulu beberapa pilihan harga yang ditawarkan oleh penyedia layanan Internet. Jangan sampai salah pilih. Kamu tentu tidak ingin menyia"kan uang kamu untuk koneksi yang terlalu lamban bukan?

No comments:

Post a Comment